Rabu, 20 Maret 2013

Komputas Modern

Tahukah kamu apa itu komputasi modern ?

Komputasi modern berasal dari kata komputasi yang merupakan suatu cara untuk menemukan pemecahan masalah dari suatu data dengan menggunakan suatu algoritma. Dimana teori ini merupakan suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Secara umum Ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk melakukan analisis dan pemecahkan masalah. Dimana komputasi modern itu merupakan suatu perhitungan dengann menggunakan suatu teknologi atau dikatakan komputer yang dapat menyimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien.
Komputasi modern digunakan untuk pemecahan masalah seperti dalam hal akurasi, kecepatan, problem volume besar, modelling, kompleksitas.

Bagaimana dengan sejarah komputasi modern ?

John Von Neumann merupakan salah seorang ahli matematika terbesar abad dulu. Beliaulah yang pertama kali membawa, menggagas, dan meperkenalkan sebuah konsep sistem yang dapat menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini.

Dari seorang John Von Neumann yang memperkenalkan konsep arsiketur pada komputasi modern tersebut bisa berkembang sampai saat ini yang kita kenal dan kita tahu. Dari ilmu komputasi dan dikembangkan menjadi komputasi yang modern dengan menggunakan komputer yaitu Komputasi Modern.

Apa ilmu yang mempelajari teknik komputasional ?

Ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis adalah bioinformatika. Mengapa disebut bioinformatika karena pada komputasi tak hanya dapat diterapkan pada bidang-bidang tertentu saja melainkan pada metode-metode matematika, statistika, dan informatika dapat membantuk dalam memecahkan masalah-masalah biologis seperti biophysics, computational biology, medical informatics dan masih banyak lagi hal lainnya.

Komputasi modern apa yang berkembang saat ini ? 

Saat ini ada sebuah komputasi modern yang berkembang dimana server nya berlokasikan diawan. Komputasi tersebut dinamakan cloud computing atau komputasi awan. Namun awan disini hanya kiasan yang dimaksudkan kita tidak perlu lagi membayar mahal untuk sebuah komputasi yang dirancang dari nol. namun ada sebuah perusahaan atau penyedia layanan yang menyediakan fasilitas cloud computing dimana kita dapat menyimpan sebuah data atau server ditempat yang telah disediakan dan kita tidak perlu lagi menyediakan ruang besar didalamnya.

Kelebihan Cloud Computing ?
  1. Menghemat biaya investasi awal untuk pembelian sumber daya.
  2. Bisa menghemat waktu sehingga perusahaan bisa langsung fokus ke profit dan berkembang dengan cepat.
  3. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah karena sistem pribadi/perusahaan yang tersambung dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.
  4. Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping.
  5. Mengehemat biaya operasional pada saat realibilitas ingin ditingkatkan dan kritikal sistem informasi yang dibangun.
Kekurangan Cloud Computing ? 

Komputer akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet bermasalah atau kelebihan beban. Dan juga perusahaan yang menyewa layanan dari cloud computing tidak punya akses langsung ke sumber daya. Jadi, semua tergantung dari kondisi vendor/penyedia layanan cloud computing. Jika server vendor rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka perusahaan akan mengalami kerugian besar.

0 komentar:

Posting Komentar

ardianzzz.blogspot.com 2009 powered by blogger template air mail by ardianzzz